Lowongan Kerja CPNS Kemendikbud [300 Formasi]

CPNS 2017 - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (disingkat: Kemendikbud atau Kemdikbud) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang menyelenggarakan urusan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan masyarakat, serta pengelolaan kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Pada prakemerdekaan pendidikan bukan untuk mencerdaskan kaum pribumi, melainkan lebih pada kepentingan kolonial penjajah. Pada bagian ini, semangat menggeloraan ke-Indonesia-an begitu kental sebagai bagian dari membangun identitas diri sebagai bangsa merdeka. Karena itu tidaklah berlebihan jika instruksi menteri saat itu pun berkait dengan upaya memompa semangat perjuangan dengan mewajibkan bagi sekolah untuk mengibarkan sang merah putih setiap hari di halaman sekolah, menyanyikan lagu Indonesia Raya, hingga menghapuskan nyanyian Jepang Kimigayo.

Organisasi kementerian yang saat itu masih bernama Kementerian Pengajaran pun masih sangat sederhana. Tapi kesadaran untuk menyiapkan kurikulum sudah dilakukan. Menteri Pengajaran yang pertama dalam sejarah Republik Indonesia adalah Ki Hadjar Dewantara. Pada Kabinet Syahrir I, Menteri Pengajaran dipercayakan kepada Mr. Mulia. Mr. Mulia melakukan berbagai langkah seperti meneruskan kebijakan menteri sebelumnya di bidang kurikulum berwawasan kebangsaan, memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan, serta menambah jumlah pengajar.
 Lowongan Kerja CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Dalam mencapai dan mewujudkan tujuan dari suatu instansi, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam visi dan misi-nya, maka dari itu pada bulan September tahun 2017 ini kembali dibuka Lowongan Kerja CPNS Terbaru CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengisi posisi jabatan yang sedang dibutuhkan. Ini merupakan kesempatan berkarir bagi putra putri bangsa yang ingin bertumbuh, berkembang dan ikut terlibat bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Saat ini PERUSAHAAN ingin menghadirkan sumber daya manusia terbaik yang mempunyai kemampuan dan keterampilan khusus untuk memenuhi kualifikasi pekerjaan yang dibutuhkan.

Calon pelamar diharapkan dapat memahami setiap informasi lowongan kerja yang diberikan pada tiap-tiap posisi jabatan yang dibutuhkan pada lowongan kerja yang openkerja.com muat. Bacalah seluruh informasi dengan cermat dan teliti agar setiap informasi lowongan yang diberikan bisa dipahami dengan baik. Berikut informasi peluang kerja yang tersedia dengan persyaratan dan tata cara pendaftaran sebagai berikut.

 Lowongan Kerja CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Terbaru 2017

Closing Date: 25 September 2017

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2017 Tanggal 31 Agustus 2017 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun Anggaran 2017, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan kesempatan bagi Warga Negara Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemendikbud.

I. INFORMASI UMUM

Unit Kerja Yang Mendapatkan Alokasi Formasi (Alokasi Penempatan) adalah sebagai
berikut:
  • Sekretariat Jenderal
  • Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
  • Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat
  • Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
  • Direktorat Jenderal Kebudayaan
  • Inspektorat Jenderal
  • Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
  • Badan Penelitian dan Pengembangan

Jabatan, Kualifikasi Pendidikan, dan Jumlah Alokasi Formasi


Setelah Anda memahami informasi dari Lowongan Kerja CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Terbaru bulan September 2017 diatas, jika sekiranya kualifikasi tersebut cocok dengan kriteria Anda, maka segera siapkan kelengkapan berkas administrasi lamaran kerja terbaru Anda. Susunlah berkas lamaran Anda dengan susunan yang rapi.

Adapaun tata cara yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud dalam proses rekrutmen ini yaitu dengan melakukan pendaftaran dan penyampaian dokumen kelengkapan berkas administrasi. Permohonan dapat dilakukan

V. TATA CARA PENDAFTARAN

1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses rekrutmen CPNS Kemendikbud.

2. Pelamar wajib melakukan pendaftaran/registrasi secara online terlebih dahulu di portal nasional dengan alamat https://sscn.bkn.go.id. dengan mengisikan NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga, alamat email aktif, dan password akun portal SSCN. Selanjutnya pelamar wajib mencetak Kartu Informasi Akun SSCN 2017.

Baca: Tata Cata Pendaftaran CPNS 2017 Gelombang II di SSCN BKN GO ID, Perhatikan Baik-baik

3. Pelamar melakukan login ke portal SSCN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan dengan melengkapi biodata, memilih instansi, dan memilih jenis formasi sesuai instansi (pastikan bahwa instansi yang dituju adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, karena setiap pelamar hanya diperkenankan mendaftar pada 1 (satu) instansi, 1 (satu) jabatan, dan 1 (satu) jenis formasi). Selanjutnya pelamar dapat melakukan pendaftaran melalui portal mandiri instansi.

4. Pelamar melakukan proses pendaftaran melalui laman CPNS Kemendikbud dengan alamat https://cpns.kemdikbud.go.id dengan melakukan login aplikasi cpns online untuk melengkapi isian data pendaftaran online dengan tahapan:

a. Mengisi formulir data pendaftaran CPNS online dan mencetak lembar formulir pendaftaran. Pelamar wajib memilih zona (wilayah) tempat seleksi sesuai dengan yang diinginkan;

b. Menyetujui Pernyataan Integritas bahwa data dan informasi yang disampaikan adalah benar;

c. Menyetujui pernyataan komitmen untuk melanjutkan proses lamaran apabila telah dinyatakan lulus pada tahap seleksi akhir;

d. Melakukan upload pas foto; dan

e. Mencetak Kartu Tanda Peserta Seleksi setelah dinyatakan memenuhi persyaratan (MP) administrasi.

VI. PROSES SELEKSI

a. Peserta yang telah melakukan registrasi di aplikasi cpns online wajib mengirimkan berkas kelengkapan untuk seleksi administrasi ke:

Panitia Seleksi CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
PO BOX 1112 – JKP 10011

Berkas disusun dengan urutan sebagai berikut:
  1. Surat lamaran yang ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam, ditujukan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui pimpinan unit kerja dibuat pada saat tanggal pendaftaran;
  2. Fotokopi KTP yang masih berlaku;
  3. Asli hasil cetakan (print out) formulir pendaftaran CPNS online yang telah ditandatangani;
  4. Fotokopi ijazah/STTB dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, yaitu:
    • a) Untuk tingkat pendidikan S1 lulusan Universitas/lnstitut, disahkan oleh Dekan/Pembantu Dekan I.
    • b) Untuk tingkat pendidikan S1 lulusan Sekolah Tinggi, disahkan oleh Ketua/Pembantu Ketua I.
    • c) Untuk tingkat pendidikan Pasca Sarjana, disahkan oleh Direktur Program Pasca Sarjana
    • d) Untuk ijazah luar negeri, harus telah disetarakan oleh Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Fotokopi Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah dilegalisir oleh Notaris atau Ditjen Dikti.
      Catatan: Surat keterangan lulus/ijazah sementara tidak dapat digunakan untuk melamar.
  5. Pasfoto ukuran 3 x 4 cm sebanyak 6 (enam) lembar, dengan menuliskan nama dan tanggal lahir dibalik pasfoto tersebut;
  6. Khusus untuk pelamar formasi Putra/putri Papua dan Papua Barat, wajib melampirkan:
    • a) fotokopi ijazah SD atau yang sederajat, ijazah SMP atau yang sederajat, dan ijazah SMA atau yang sederajat yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sebagai bukti pelamar menamatkan sekolah di wilayah Papua dan Papua Barat; atau
    • b) surat Akta Kelahiran pelamar, fotokopi KTP bapak (ayah kandung), dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/desa.

Berkas kelengkapan dimasukkan dalam stopmap dengan ketentuan warna pembeda:
warna kuning untuk pelamar umum;
warna hijau untuk pelamar cumlaude/pujian;
warna merah untuk pelamar disabilitas;
warna biru untuk pelamar putra/putri Papua dan Papua Barat.

c. Map berisi dokumen sesuai huruf b di atas dimasukkan ke dalam amplop warna cokelat. Pada pojok kiri atas amplop ditulis Eselon I yang dilamar.

d. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan melalui http://cpns.kemdikbud.go.id.

e. Peserta yang memenuhi persyaratan (MP) seleksi administrasi berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Informasi selengkapnya bisa Anda baca di lampiran dokumen diatas.

Baca penerimaan CPNS 2017 Lainnya di sini:
Besar harapan kami Anda bisa memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat dan harapan Anda. Untuk itu dalam memberikan kelancaran informasi terbaru kami mohon bantuan dan dukungan dari Anda untuk dapat melanjutkan informasi ini melalui sosial media dengan menekan tombol "SHARE" dibawah ini untuk dapat disebarkan kepada teman, kerabat maupun sanak saudara yang sedang membutuhkan info lowongan kerja.
Berlangganan:
Apabila informasi lowongan kerja di atas bermanfaat bagi anda, dan ingin menyebarluaskannya, kami mempersilahkan anda yang ingin mengcopy informasi lowongan kerja diatas. Tetapi kami mohon dengan sangat berharap kepada anda untuk tetap mencantumkan link sumber dengan url situs http://www.openkerja.com karena ini sangat berarti bagi kami dan demi kelancaran update informasi lowongan kerja.
Loading...