Rekrutmen TKS Kementerian Ketenagakerjaan RI

Rekrutmen TKS Kementerian Ketenagakerjaan RI

Tanggal Dipublish: 12 Juli 2024
Rekrutmen TKS Kementerian Ketenagakerjaan RI - Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia atau Kemnaker (dahulu Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, disingkat Kemnakertrans) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan ketenagakerjaan. Kementerian Ketenagakerjaan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Program Pendayagunaan Tenaga Kerja Sukarela (TKS) adalah salah satu program prioritas Kementerian Ketenagakerjaan yang bertujuan untuk mendayagunakan para sarjana dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya pendampingan kepada kelompok-kelompok masyarakat di perdesaan.

Saat ini Kementerian Ketenagakerjaan RI kembali membuka rekrutmen lowongan kerja terbaru pada bulan Juli 2021. Kementerian Ketenagakerjaan RI yang saat ini sedang mencari atau menginginkan kandidat terbaik dengan kualifikasi yang sesuai dan cocok untuk posisi penempatan. Adapun dibawah ini adalah posisi jabatan yang saat ini tersedia bagi Anda para pencari kerja yang tertarik untuk mengembangkan karir Anda bersama Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Lowongan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI Terbaru 2021


Tenaga Kerja Sukarela (TKS)

Apa Itu Program Tenaga Kerja Sukarela (TKS)?

Program Pendampingan Perluasan Kesempatan Kerja yang diprakarsai Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia melalui Direktorat Bina Perluasan Kesempatan Kerja Ditjen Binapenta dan PKK berupa Pendayagunaan Tenaga Kerja Sukarela (TKS) merupakan Pendamping Kegiatan Tenaga Kerja Mandiri (TKM).

Apa Peran TKS?

Pendayagunaan TKS ini merupakan bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan menempatkan TKS sebagai Pendamping TKM yang berperan sebagai:

1. Fasilitator
Memfasilitasi kelompok usaha masyarakat untuk mendapatkan akses pengembangan organisasi, informasi, pelatihan, permodalan, pengembangan produksi, dan pemasaran.

2. Motivator
Memotivasi kelompok usaha masyarakat untuk meningkatkan kemandirian dan produktivitas usaha.

3. Mediator
Mempertemukan kelompok usaha masyarakat dengan perbankan, lembaga pemasaran, lembaga pengembangan kewirausahaan dan kelompok profesi lainnya untuk peningkatan usaha.

4. Innovator.
Menemukan dan menciptakan ide-ide baru untuk pengembangan usaha kelompok usaha masyarakat.

Persyaratan Umum Tenaga Kerja Sukarela (TKS)
  • Memiliki minat dan motivasi menjadi pendamping TKM
  • Memiliki E-KTP
  • Pendidikan minimal SMA atau sederajat
  • Usia maksimal 50 tahun
  • Berdomisili di lokasi penerima bantuan program TKM
  • Tidak sedang terikat kontrak kerja dengan instansi pemerintah lainnya
  • Memiliki pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi, serta jejaring kemitraan
  • Diutamakan yang memiliki pengalaman di bidang pendampingan
  • Bersedia melaksanakan tugas sampai selesai kontrak (Surat Pernyatan)

Syarat Administrasi:
  • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Scan Ijazah Terakhir

Pendaftaran/Apply:
Sebelum mengirimkan lamaran kerja diwajibkan untuk membaca keseluruhan informasi Lowongan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI.

"Ayo Gabung di Channel Telegram OPENKERJA, dan jangan lupa nyalakan notifikasinya, karena akan ada info Lowongan baru Setiap harinya. KLIK DISINI"

Seluruh proses tahapan seleksi TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN.
Jika tertarik dan memenuhi kualifikasi lowongan ini, silahkan melakukan pendaftaran secara online.

👉 APPLY

Pendaftaran dibuka tanggal 8 s/d 12 Juli 2021
*hanya yang memenuhi kualifikasi yang akan di proses

Batas Lamaran: Segera/Secepatnya Link: http://bit.ly/ok-1193

Berbagi itu peduli:

Perhatian: Kami tidak pernah meminta imbalan atau biaya dalam bentuk apapun terhadap rekrutmen disitus ini apabila ada pihak yang mengatasnamakan kami atau perusahaan meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau yang lainnya bisa dipastikan itu PALSU.